Kamis, 07 September 2017

Pewarna Makanan Alami


Teacher's Diary
Pewarna Makanan Alami

Makhluk hidup, tanaman, dan makanan. Untuk menyambungkan 3 pokok bahasan itu, hari ini (7/9) kelas 5A menggelar Market Day sebagai puncak pembelajarannya. Temanya adalah membuat makanan dan minuman dengan menggunakan pewarna alami dari tanaman.

Hasil diskusi sehari sebelumnya, kelas dibagi menjadi 4 tim. Tim pertama, membuat "Kelepon Isi Coklat dan Keju", yang dikomandani oleh Hasna. Tim kedua, "Bakso Bangjo" dipimpin oleh Khonsa. Fanny memimpin tim ke tiga yang membuat "Wedang Uwuh". Dan tim keempat, membuat "Wedang Roti" yang diketuai oleh Rio.

Keleponnya dua warna, hijau dan kuning. Hijau dari daun pandan, kuning dari kunyit. Baksonya 3 warna, merah dari jambu biji, hijau dari sawi, dan kuning juga dari kunyit. Sementara wedang uwuhnya berwarna merah, yang berasal dari kulit kayu secang. Sedangkan wedang roti berwarna putih dari santan dan coklat dari gula merah.

Kompor portable yang digunakan pun ada 4 buah, karena semua menu tadi membutuhkan air panas dalam prosesnya. Penyajiannya pun beragam. Ada yang menggunakan piring kertas, cup plastik sekali pakai, dan gelas plastik yang dapat dipakai berulang kali. Yang terakhir disebut ini, untuk mengurangi jumlah sampah plastik.

Anak-anak pun larut dalam kesibukannya masing-masing. Sekitar pukul 09.30, menu wedang roti dan uwuh sudah bisa dijual, menyusul kemudian menu makanan. Dalam 30 menit berjualan,  terkumpullah uang sekitar 40.000 rupiah.

Oya, ternyata warna yang ditimbulkan dari pewarna alami, setelah terkena suhu panas agak sedikit pucat, tidak terlalu cerah, kecuali merahnya secang. Jadi, bila ada makanan yng warnanya sangat cerah atau "bright" kemungkinan besar menggunakan pewarna buatan.

Setelah berjualan, anak-anak pun makan bersama menikmati hasil kerja keras mereka. "Wedang uwuh ternyata enak juga ya", kata seorang murid yang semula enggan untuk meminumnya. Oya, kelas sebelah juga memasak, menunya : puding labu, kue talam topping keju, dan milkshake. Hari yang menyenangkan dan mengenyangkan.

0 komentar:

Posting Komentar