Selasa, 04 Desember 2012

Dari Bait Puisi Menjadi Lirik Lagu

Ada sebuah obsesi hidup yang ingin kuraih, dan sekarang sedang dalam proses menuju kesana. Aku yakin suatu saat aku bisa mencapainya. Ya, aku ingin menulis bait puisi yang kuat yang sekaligus bisa menjadi lagu yang kuat dan abadi. Setidaknya, seperti kekuatan lirik lagu Ebiet G. Ade, dan lagu Bimbo yang ditulis Pak Taufiq Ismail. Dalam, kuat, dan suci.

Dan, hingga hari ini, alhamdulillah setidaknya sudah 3 buah bait puisiku yang menjadi lirik lagu.
Pertama, tahun 2002, dalam lagu "Putri" yang dinyanyikan oleh Jikustik. Meski belum pernah kontak dengan personil Jikustik, tapi pertama kali mendengar secara dalam lagu ini, aku seperti sudah sangat akrab dengan kalimat dalam lagu ini, untuk kemudian tiba-tiba aku tersadar bahwa itu memang kalimatku. Kalimat  yang kubuat dalam sebuah puisi, yang kutujukan sebagai antologi puisi "Untukmu Sahabat". Bait puisi ini kubuat di atas kapal feri di atas Selat Sunda, saat mudik pulang ke Sumatera.

Kalimat itu :
"Jika kau rindukan aku,
coba kau pandangi langit malam ini,
jika tak cukup membantu,
cobalah kauhirup udara pagi, 
aku... di situ..."

dan ini videoklip Putri by Jikustik :



Kedua, tahun 2012 ini, ditangan seorang teman, seorang penulis puisi juga, penyair, juga penulis lagi, plus pelukis, namanya Yudi AW , sebait puisi sederhana dalam bahasa Inggris, menjadi sebuah lagu. Lagu yang sangat menghipnotis, asyik banget didengernya. Lagu yang menurut Yudi adalah bagian dari karyanya yang berjudul "Sebuah Prolog-Harmonium Jiwa". Saat artikel ini ditulis Yudi, di Batam sana sedang menyiapkan launching albumnya. So cool! Nanti kalo sudah komplit, aku akan pasang linknya. Sementara, Yudi memberikan link trailernya. Ada disini :


dan baitnya seperti ini :

"Time goes bye,
sometime so slowly and sometime so fast,
Growing the youth, and buried the older one"

Ketiga, juga di tahun 2012, bersama Pak Dipo, menciptakan lagu Jingle Sekolah Alam Ar-Ridho. Cerita yang ini sudah kuposting sebelumnya di sini.

Jadi, semoga Allah mengabulkan doaku, menulis lagu yang liriknya kuat, dan ... abadi. Amiin.

0 komentar:

Posting Komentar